Rabu, 27 Maret 2019

Cara mencegah cacat tabung saraf pada janin


Cacat tabung saraf janin terjadi ketika otak dan tulang belakang bayi berkembang abnormal. Cacat tabung saraf cukup umum dan mempengaruhi lebih dari 300.000 bayi yang lahir setiap tahun.

Menurut penelitian di indonesia, lebih dari 50% wanita hamil memiliki tingkat rendah asam folat dari tingkat diperbolehkan dan dalam 2 kasus 1 kasus kehamilan akan memiliki potensi risiko cacat lahir tabung saraf. Oleh karena itu, tanpa memandang usia kehamilan dari setiap objek, kemungkinan cacat tabung saraf janin masih dapat terjadi.

Penyebab cacat tabung saraf
Saraf adalah organ pertama yang terbentuk selama kehamilan, diikuti oleh otak dan sumsum tulang belakang, yang merupakan penentu utama kelangsungan hidup janin. Cacat tabung saraf janin adalah ketika lembaga ini berkembang tidak normal dengan dua format umum sangat otak (otak belum berkembang atau tidak berkembang) dan cacat membagi dua bifida (meningocele sumsum tulang belakang).



Penyebab kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh kekurangan asam folat pada ibu, yang menyebabkan penutupan tabung saraf. Cacat dengan ekspresi terkait seperti bibir sumbing, langit-langit, cacat jantung, kelumpuhan anggota badan, hidrosefalus, spina bifida, ... akan mempengaruhi perkembangan janin dan kasus yang lebih parah Kehamilan, keguguran.

Para ahli telah menunjukkan bahwa ibu yang tidak memiliki cukup asam folat pada saat pembuahan meningkatkan risiko cacat tabung saraf janin pada trimester pertama. Jika mereka tidak terdeteksi sejak dini, mereka bisa mati setelah lahir atau memiliki masalah kesehatan, seperti anggota tubuh yang lebih rendah lengkap dengan gangguan kandung kemih, gangguan pencernaan. Lalu untuk para ibu hamil, sebenarnya makanan apa yang cocok? Tidak bisa dikatakan cocok, namun makanan bubur adalah makanan yang cocok untuk para ibu hamil. Selain menyehatkan juga bergizi dan enak, dan untuk resep cara membuat bubur ayam enak itu juga bisa kita dapatkan dengan mudah pada jaman sekarang. Untuk lebih jelasnya, dapat juga kita konsultasikan kepada dokter kandungan kita perihal makanan apa yang sebenarnya cocok untuk para ibu hamil. 

Tes apa yang mendeteksi cacat tabung saraf janin?
Semua ibu berisiko menjadi hamil dengan malformasi ini dan cara terbaik untuk memiliki bayi yang sehat adalah untuk mencegah dan melindungi janin dari bulan-bulan pertama kehidupan. Khusus untuk ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun akan memiliki risiko lebih tinggi dari sindrom Down atau sindrom Edward.

Untuk menerima diagnosis yang akurat dari cacat tabung saraf janin, ibu harus diskrining untuk perawatan antenatal selama kunjungan antenatal rutin. Empat tes darah ibu termasuk PAPP-A (kehamilan pada minggu ke 11-13) dan tiga AFP, β-hCG dan uE3 (kehamilan 14 hingga 20 minggu).
Skrining pra-kelahiran meliputi 2 tahap:
  • Tahap 1: Dokter Anda akan mengambil 2 ml darah kehamilan Anda untuk mengukur tingkat PAPP-A (protein plasma terkait kehamilan) ketika Anda berusia 11-13 minggu.
  • Tahap 2: Dokter mengambil 2ml darah mengukur kadar AFP ibu (fetoprotein alfa), hCG (human chorionic gonadotropin-β gratis) dan uE3 (estriol gratis) saat hamil berusia 14 sampai 20 minggu.

Waktu terbaik untuk melakukan skrining adalah ketika bayi berusia 16 hingga 20 minggu. Kelainan neuropati yang tidak dapat diobati akan diindikasikan untuk aborsi kehamilan sebelum minggu ke-28 kehamilan untuk memastikan bahwa tidak ada bahaya pada ibu terjadi.

Bagaimana mencegah cacat tabung saraf janin
  • Meskipun komplikasi berbahaya tetapi 70% kasus cacat tabung saraf dapat dicegah jika wanita hamil bagaimana mengenali awal dan suplemen asam folat tepat waktu.
  • Saat ini, ada banyak makanan yang diperkaya dengan asam folat untuk wanita hamil termasuk sereal termasuk roti gandum dan pasta, makanan kering. Nutrisi ini akan mengurangi insiden cacat tabung saraf menjadi 46%.
  • Rata-rata, ibu membutuhkan 400 hingga 600 mcg asam folat dan yang terbaik adalah mengonsumsi suplemen ini dari 3 hingga 6 bulan sebelum kehamilan. Jika keluarga memiliki riwayat cacat tabung saraf, ibu harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang keturunan.
  • Selain suplementasi asam folat dengan nutrisi selama kehamilan, wanita hamil dapat mengambil suplemen asam folat, tetapi tanyakan dokter Anda terlebih dahulu dan gunakan produk yang dilisensikan oleh Departemen Kesehatan sebagaimana mestinya. status wanita Vietnam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar